Selasa, 25 November 2008

Pemberian Hadiah Harus Ada Batasnya

Pada topik sebelumnya telah dibahas bahwa pemberian hadiah hanyalah sebagai metoda perantara, tidak bisa menjadi metoda yang dipergunakan selamanya. Proses ini hanya difungsikan hingga tahap menumbuhkan kebiasaan saja. Setelah proses pembiasaan dirasa telah cukup, maka pemberian hadiah harus diakhiri.

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah memberikan pengertian sedini mungkin kepada anak tentang batas waktu pemberian hadiah ini. Sampaikan dalam berbagai kesempatan bahwa tujuan pemberian hadiah hanyalah untuk menumbuhkan kebiasaan. Setelah pembiasaan tercapai, maka pemberian hadiah akan dihentikan. Hal ini untuk menghindari tumbuhnya harapan anak yang terlalu besar terhadap perolehan hadiah. Jangan sampai justru setelah pemberian hadiah dihentikan, timbul kekecewaan pada anak yang dapat menghilangkan kebiasaan baru yang telah terbentuk.

Bisa jadi anak akan memberikan reaksi atau protes ketika pemberian hadiah dihentikan. Atau, mereka akan mogok, berhenti melakukan perbuatan baik yang diharapkan. Namun di sinilah saatnya orang tua menunjukkan sikap tegas. Setelah orang tua berbaik hati memberi hadiah sekian lama, anak tentu memahami tujuan baik ayah ibunya. Meskipun pengertian tentang pembatasan telah diberikan, tetapi wajar jika anak mencoba menggoda orangtuanya agar mau terus memberikan hadiah.

Jika orang tua tidak kuat mendengar protes anak dan memberikan lagi hadiah, anak akan merasa berhasil mengendalikan orangtua. Di kesempatan lain, anak akan mengulangi cara yang sama untuk memperoleh perhatian orang tuanya. Sebaliknya, ketika orang tua bertahan pada komitmen untuk tidak memberikan hadiah yang sudah habis "masa berlaku"nya, anak pun akan bisa menerima, karena toh sudah sejak lama ia mengerti bahwa saat pemberhentian hadiah akhirnya akan datang juga.

Tidak ada komentar: