Rabu, 06 Agustus 2008

Tips Memilih Mainan Anak


Tips Memilih Mainan Anak. Ada kalanya Anda ingin membelikan mainan untuk anak. Sebelum memilih mainan untuk si kecil, ada baiknya baca dulu beberapa tips berikut:

Aman
Ketika memilih mainan untuk anak, hal yang menjadi pertimbangan utama adalah keamanannya. Bila anak masih suka memasukkan sesuatu ke dalam mulut, tentu bukan tindakan yang bijaksana bila memilih mainan yang bentuknya kecil, mempunyai pernik-pernik, atau bagian-bagian kecil lain yang dapat tertelan.

Ringan, lembut, dan tidak mudah pecah
Mainan yang hendak dipilih hendaknya ringan, tidak mempunyai ujung-ujung yang runcingdan terbuat dari bahan yang tidak mudah pecah.

Melatih mengembangkan keterampilan tangan
Bukan sekedar bagus dan murah, tapi memilih mainan juga sebaiknya yang dapat merangsang kemampuan anak untuk menggunakan kemampuan tangannya. Misalnya, buku gambar dan satu set pensil warna atau balok-balok kayu yang dapat disusun.

Membuat anak aktif bergerak
Jangan hanya memilih mainan yang membuat anak duduk terpaku. Pilihkan juga mainan yang memberinya kesempatan untuk berpindah-pindah mengitari rumah. Anak juga akan senang bila ian dapat memjelajahi rumah dengan mainannya. Mainan seperti ini berguna juga untuk melatih kekuatan otot-otot kakinya.

Dapat memberi tantangan
Pada usia pra sekolah, keingintahuan anak makin besar. Oleh karena itu, ia membutuhkan mainan yang dapat memberinya tantangan. Mainan seperti puzzle dan ular tangga dapat memberinya keasyikan baru.

Dapat merangsang imajinasi anak
Permainan boneka, membangun rumah-rumahan, bermain alat kedokteran dari plastik, dapat mengembangkan kemampuannya berimajinasi dengan cara meniru perilaku yang sering dilihatnya.

Tidak ada komentar: