Selasa, 16 September 2008

Menciptakan "Fun Learning"


Menciptakan Fun Learning. Mendatangkan suasana “fun” saat belajar bisa menyebabkan otak terkondisi untuk menyerap informasi pelajaran dengan optimal. Ada banyak cara untuk menciptakan “fun learning” atau suasana belajar yang menyenangkan ini. Tetapi, secara umum, ada 2 hal yang harus diperhatikan.

Pertama, kegiatan belajar itu harus sesuai dengan perkembangan anak pada usianya. Masing-masing anak memiliki fase perkembangan sesuai dengan perkembangan usianya. Anak usia enam tahun memiliki rentang konsentrasi yang lebih sempit dibanding anak yang berusia delapan tahun.

Kedua, “fun learning” hanya bisa diciptakan melalui beragam kreatifitas, baik dalam pemilihan waktu, tempat, penataan suasana hingga pemakaian metoda pembelajaran. Kreatifitas dapat menghilangkan kejenuhan dan menimbulkan gairah keingintahuan, tantangan serta semangat baru. Oleh sebab itu, semakin banyak suasana belajar bisa dirancang, semakin besar potensi otak untuk merekam informasi sebanyak-banyaknya.

Sesuatu yang kreatif berarti berbeda dengan biasanya, lain dari yang lain, istimewa dan tidak monoton. Berarti, semakin kreatif cara belajar yang digunakan, semakin optimal daya tangkap anak terhadap materi pembelajaran.

Untuk bisa kreatif, diperlukan suatu keberanian untuk tampil beda. Jangan ragu untuk melakukan sesuatu yang baru, walaupun pada awalnya terasa janggal. Bebaskanlah otak kita untuk mengembara mencari ide-ide baru sebanyak mungkin. Ide yang awalnya tampak aneh sekalipun, bisa direalisasi setelah disesuaikan dengan kondisi nyata yang dihadapi.

Tidak ada komentar: