Kamis, 07 Agustus 2008

Mengembangkan Kreatifitas

Mengembangkan Kreatifitas. Kreatifitas adalah kemampuan menemukan banyak kemungkinan jawaban terhadap suatu masalah dan kemampuan menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang baru dengan kegiatan kreatif. Adapun ciri-ciri anak kreatif adalah:
  • Berpikir kreatif, yaitu lancar dalam pemikiran terhadap suatu masalah dan banyak ide. Dengan apa saja dan cara apa saja ia dapat membuat sesuatu.
  • Fleksibilitas atau kelenturan dalam berpikir. Dalam arti, dapat melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang, tidak kaku.
  • Orisinalitas dalam berpikir. Terlihat dari kelangkaan jawabannya alias bukan jawaban yang umum.
  • Berpikir elaborasi, yaitu dapat memperkaya dan memperinci suatu gagasan
Setiap anak punya bakat kreatif, tapi tidak setiap anak akan terus kreatif. Karena kreativitas bisa hilang jika tidak dipupuk, dilatih, dikembangkan atau dirangsang. Oleh sebab itu, orang tua harus sudah merangsang kreativitas anak sejak dini. Dengan demikian, akan memberikan dasar yang kuat pada anak bagi kehidupan selanjutnya, sehingga dalam dirinya sudah ada sikap dan pribadi kreatif.
Untuk mengembangkan kreativitas, orang tua harus mengetahui minat atau bakat masing-masing anak dan menghargainya, mengerti akan kelebihan dan keterbatasan setiap anak. Kemudian doronglah dan berikan motivasi sehingga anak mau berkreasi dengan sendirinya. Caranya dengan memberikan sarana dan fasilitas yang penting dalam rumah. Misalnya, memberikan mainan yang bisa mengembangkan kreativitas anak seperti lego atau balok-balokan. Ciptakan suasana yang nyaman dan aman buat anak, sehingga ia merasa bebas untuk mengekspresikan dirinya. Hargai setiap kreasi anak agar makin termotivasi untuk terus berkreasi.

Tidak ada komentar: