Senin, 18 Agustus 2008

Tips Membangunkan Anak Sahur

Tips Membangunkan Anak Sahur. Sahur…..! Sahur…..! Bunyi kentongan yang ditabuh ribut para pemuda kampung bisa jadi cukup efektif membangunkan anak untuk sahur di hari-hari pertama Ramadhan. Tetapi, belum tentu kiat ini efektif untuk hari-hari berikutnya selama sebulan yang tiga puluh hari itu. Perlu ada beragam variasi cara untuk membangunkan anak agar bersemangat makan sahur.
Sentuhan bisa diberikan pada penyusunan menu makanan dan minuman yang menarik dan membangkitkan selera makan anak. Sentuhan penunjangpun bisa diberikan dengan menciptakan suasana menggembirakan yang juga membantu menyegarkan badan anak. Tentu saja, kreativitas ibu sangat diperlukan untuk menemukan cara menarik yang beragam dan bervariasi dari pagi ke pagi berikutnya. Mau tahu kiat-kiatnya?

Mengusir kantuk

Sebelum merancang kiatnya, perlu diketahui dulu kendalanya. Pertama dan utama adalah rasa kantuk. Untuk melawan kendala ini, harus dipastikan bahwa jatah tidur anak setiap harinya tetap terpenuhi, tidak berkurang lamanya. Jika di luar bulan puasa mereka tidur dalam sehari selama 10 jam, maka sejumlah itu pulalah mereka perlu tidur di bulan suci Ramadhan.
Jumlah jam tetap sama, hanya pemilihan waktunya yang bisa divariasi dan disesuaikan dengan jadwal kegiatan Ramadhan anak secara keseluruhan. Ada anak yang memiliki banyak teman bermain di sekitar rumah, sehingga memilih untuk menghabiskan waktu siang dan sore hari untuk bermain. Maka, anak itu harus segara tidur seusai shalat tarawih, agar bisa bangunketika sahur.
Namun jika jumlah tidur di malam hari ini pun belum mencukupi jumlahnya, ijinkan mereka tidur barang satu hingga dua jam usai shalat subuh untuk mengganti jam tidurnya.
Anak yang tidak memiliki teman bermain, mungkin lebih memilih tidur siang, sehingga di malam hari ia masih bisa meluangkan waktu menonton televisi acara khusus Ramadhan.

Mengusir rasa malas

Kendala ke dua adalah rasa malas, karena tubuh masih lemas setelah tidur berjam-jam lamanya. Aliran darah belum bisa tersalur lancar ke seluruh bagian tubuh, sehingga banyak bagian badan anak yang terasa lemas dan susah bergerak.
Secara alami, tubuh anak akan mengatasi kendala ini dengan gerakan meregang ( molet ). Secara refleks tangan dan kaki ditarik-tarik, supaya otot tergerak dan darah bisa mengalir lebih lancar. Tulang-tulang pun digerak-gerakkan supaya tidak terasa kaku.
Ajak anak untuk segera duduk setelah ia membuka mata. Biarkan beberapa saat, baru kemudian ajak mereka turun dari tempat tidur menuju ruang makan. Jangan terlampau tergesa memaksa anak untuk segera berada di depan meja makan. Kalau perlu, Anda bisa bawakan minuman hangat ke tempat tidur mereka dan menyuruh anak meminumnya sembari duduk, untuk lebih cepat menyegarkan badan.

Menyegarkan mata

Selain menyegarkan tubuh dengan gerakan-gerakan ringan, mata anak pun segera disegarkan kembali. Televisi merupakan cara terbaik untuk merangsang mata anak agar cepat terbuka. Lagu-lagu Ramadhan untuk anak, cerita kartun kisah nabi-nabi, akan cukup menyenangkan sebagai teman sahur bagi anak.
Anda pun bisa menyediakan buku-buku bacaan bergambar yang menarik. Bagi anak yang terbiasa membaca buku cerita, akan cukup efektif membangunkan mereka dengan memberikan bacaan kesenangan mereka.

Menyegarkan hidung dan mulut

Akhirnya, tujuan akhir membangunkan anak di pagi dini hari adalah agar mereka menghabiskan santap sahurnya. Dalam hal ini, lidah dan hidung memiliki peranan besar. Jika ke dua indera ini sudah terangsang, anak akan menghabiskan hidangan sahur dengan penuh semangat.
Anda bisa memilih menu-menu makanan yang beraroma harum. Opor, soto maupun rawon yang terhidang hangat, baunya cukup nikmat untuk menyegarkan hidung. Tiap anak memiliki kegemaran aroma yang berbeda-beda dan Andalah yang seharusnya paling mengenali kegemaran anak-anak itu. Untuk merangsang lidah, pilih menu-menu ringan kesukaan anak. Jangan memaksakan diri untuk menyediakan masakan-masakan baru yang harus Anda masak di tengah malam, karena ini akan sangat menguras tenaga. Memilih menu makanan yang sudah dimasak semenjak sore dan tinggal menghangatkan ketika sahur akan menjadi pilihan yang bijaksana.

Tidak ada komentar: